HTC S8 - Handphone Mewah dengan Windows Phone 8

HTC Windows Phone 8S
HTC cukup gencar menggebrak pasar dengan meluncurkan henpon pintar yang dibalut dengan OS android, Namun kali in HTC meluncurkan HTC S8 yang merupakan versi ekonomis dari X8, yang sudah mengusung OS windowsphone 8.
Walau belum sepopuler henpon OS lainnya seperti Android, IOS dan BlackBerry, namun kehandalan henpon ber OS WindowsPhone ini layak diperhitungkan. Seperti apa kelebihan henpon keluaran pabrikan Taiwan ini? Yuk kita Simak di rubrik overview ini.

DESAIN

Secara kasat mata, tampilan HTC S8 sangat menggoda. Bodi yang lumayan tipis namun kokoh, sangat elegan dan enak dipandang. Henpon dengan dimensi 120.5 x 63 x 10.28 mm ini terlihat gagah, namun masih
nyaman dioperasikan dengan satu tangan.
Desain HTC S8 ini cukup unik karena warna yang dihasilkan seperti sehabis dicelupkan dalam cat. Kira-kira 1/8 dari ukuran henpon-lah perbedaan warnanya. Unit yang diterima jangantulalit adalah HTC S8 dengan paduan 7/8 berwarna hitam dan 1/8 nya berwarna biru. Sedangkan pilihan warna yang ditawarkan oleh HTC adalah hitam-putih, abu-abu hijau lime, dan merah orange.
Layar sentuh 4 inchi super LCD ini sudah disupport dengan Gorilla Glass sehingga tidak perlu menggunakan screen guard, henpon ini sudah aman dari goresan dan percikan debu. Hal yang perlu dicermati oleh pengguna baru, adalah cara memasukkan SIM card. Berbeda dengan HTC X8 yang memiliki lubang kecil untuk membuka slot SIM card dengan menusukkan paperclip, saya agak lama mencerna dan berusaha menemukan bagaimana cara membuka tempat untuk memasukkan SIM card.
Setelah beberapa saat mengeksplor, ternyata slot SIM card terletak pada bagian bawah henpon, tepat di sisi warna yang berbeda itu. Caranya adalah balik henpon, kemudian dari sisi kanan tepat di perbatasan antara warna biru dan hitam, congkellah dengan kuku, maka bagian bawah akan terbuka dan disanalah tempat SIM card dan slot mini SD card berada.
Bagi yang belum pernah menggunakan OS Windows Phone akan ada perbedaan yang cukup nyata dari sisi tampilan interface. Namun tidak menyulitkan, bahkan untuk aksesibilitas menu, responnya sangat cepat dan cukup mudah digunakan. Untuk mempersonalisasi tampilan theme ada dua pilihan, dark dan light, dengan 20 macam aksen warna. Kita juga dapat menjadikan foto sebagai lock screen dengan cara membuka foto, klik kanan bawah (menu setting) dan set sebagai lock screen.

FITUR

Fitur yang ada di windows phone tentunya berbeda dari yang biasa kita dapati di henpon berbasis android atau iOS atau blackberry. Namun beberapa diantaranya memiliki persamaan fungsi cloud seperti SkyDrive.
Di sini kita dapat menyimpan foto dan musik langsung ke SkyDrive untuk menghemat internal storage yang hanya dialokasikan sebanyak 4GB. Memang sih HTC S8 memiliki slot SD memory card yang berkapasitas hingga 32 GB. Namun yang patut disayangkan adalah kekurangan untuk menginstall aplikasi ke SD Card, (SD card hanya menampung foto , musik & video). Sedangkan memory internal 4GB dinilai sangat minim untuk menampung aplikasi dan game standard, belum lagi dengan game xBox yang rata-rata berukuran cukup besar.
Salah satu fitur yang baik untuk orang tua adalah Kid Corner.Fitur yang sangat mendukung PG13 yang memungkinkan kita dapat menshare aplikasi, video,game dan musik dengan anak-anak tanpa mereka harus melihat file lain yang belum cukup untuk mereka liat. Jadi kita memilih folder yang bisa langsung mereka akses.
Fitur yang terlihat sangat mendukung di henpon ini adalah adanya audio beat. Saat ditest menggunakan speaker aktif, suara tanpa audio beat terdengar cukup baik. Cukup keras dan tanpa noise. Namun saat diaktifkan, perbedaan terlihat sangat signifikan dari sisi treble yang sangat crisp, dan bass yang bulat dan mantab (pake B). Hal ini sangat mengasikan bagi pencinta musik, apalagi jika menggunakan headset audio beats aslinya, pastinya suara yang dihasilkan akan lebih menggelegar.
Hasil kamera sangat jernih dan tajam, namun dengan settingan auto, hasil yang ditangkap terlihat lebih menonjolkan warna kuning sehingga agak kurang natural. Namun hal ini dapat diatasi dengan adanya fitur edit picture. Dengan auto enhancement, warna gambar yang kurang berkesan dapat diperbaiki sehingga terlihat lebih terang .
Pada pilihan kamera, dapat dipilih beberapa opsi effek. Untuk pengambilan gambar, kamera HTC S8 ini dinilai cukup. Pada contoh foto 1 dapat dilihat hasil gambar dengan jarak kurang lebih 10 meter tanpa zoom, dan foto 2 gambar diambil dengan jarak sama dengan zoom maksimal. Hasil yang didapat masih dapat terlihat jelas.

KINERJA

Untuk download aplikasi, sign in dengan menggunakan account hotmail atau xbox anda. Setelah berhasil, akan ada pilihan untuk membackup file, seperti foto, musik dan contact. Akan ada pilihan untuk langsung disimpan di SkyDrive (cloud), sinkronisasi pesan teks dan back up settingan henpon. Proses download dinilai cukup lumayan, dengan koneksi Wi-Fi penuh, penginstalan 4MB aplikasi selesai dalam waktu 2 menit.
Untuk bermain game kita harus login di xbox center. Setelah sign in ke xbox, baru ada indikator jka aplikasi
sedang di download. Memang bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan android atau iOS dan OS lain, maka penggunaan awal windowsphone terbilang cukup tricky. Namun secara keseluruhan, dengan beberapa kali latihan dan pengeksploran lebih jauh, pasti sudah lancar.
Prosesor Qualcomm S4 1GHz dual core ini ikut mendukung sistem yang cukup cepat dengan multitasking yang tidak membuat crash henpon. HTC S8 ini juga memiliki fitur sharing internet. Dengan koneksi internet yang aktif, kita dapat membagi ke maksimal 8 pengguna lain. Saat di test menggunakan PC dan 1 buah henpon lain, koneksinya dinilai stabil dan cepat. (Asalkan sinyal henpon full dan 3G aktif).

Overview Spesifikasi

Jaringan : GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 MHz & HSPA/WCDMA
Dimensi
: 120.5 x 63 x 10.28 mm
Berat : 113 gram
Layar : 4 inch super LCD Touch screen Gorilla Glass/ Resolusi WVGA
OS : W indows Phone 8
Kamera : Hanya bagian belakang, 5MP dengan autofokus LED Flash, F2.8 aperture 35mm lens, 720p Video recording
Memori : 4GB internal (hanya untuk aplikasi) slot MicroSD.
Fitur : Micro SIM card, Beat audio, Kid’s corner internet sharing, email, social media, Internal GPS antenna with GLONASS, Qualcomm S4 1GHz, dualcore processor, G-sensor, proximity sensor, ambient light sensor. Wi-Fi 802.11 b/n/g, Bluetooth 3.1
Batere : L i-ion Polymer 1700 mAh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar