Smartfren Andromax U - Kualitas Hebat Harga Murah

Smartfren Andromax
Smartfren tidak hentihentinya membuat gebrakan dalam jajaran produk smartphonenya. Terhitung sejak bergabungnya Smart dan Fren, telah meluncurkan suatu produk yang bisa dibilang out of the box dari masingmasing produk mereka berpadu bersama.

Salah satu produk terbarunya yang telah diluncurkan akhir Januari lalu adalah Smartfren Andromax U. Smartphone yang berjalan dalam dua jaringan, CDMA dan GSM ini sudah bisa dinikmati oleh penggemar handphone pintar yang gemar selancar di dunia maya. Slogan anti lelet rupanya tetap dipertahankan oleh Smartfren, karena dengan dukungan prosesor yang mumpuni, tentunya sangat mendorong kinerja jaringan data yang diusungnya.

Buat kamu yang sedang galau memilih smartphone yang murah tapi nggak murahan, Mewah namun harganya gak wah. Berikut produk pilihan yang telah direview.

Desain

Andromax U memiliki desain yang sangat elegan dan terlihat kokoh. Sekilas tampilannya seperti handphone dengan harga 3 jutaan. Sangat tipis dan nyaman digenggam. Smartphone yang merupakan penerus dari Andromax-i ini mengusung layar 4,5 inch yang mengadopsi teknologi IPS atau In-Plane switching.

Teknologi IPS panel ini adalah teknologi yang digunakan untuk LCD yang diciptakan untuk menghadirkan solusi dari keterbasan layar saat ini, yaitu respon yang lambat, sudut pandang yang kurang luas dan reproduksi warna berkualitas rendah. Dengan teknologi In-Plane Switching, layar akan mengatur perubahan
lapisan molekul dari LC (Liquid Crystal) sehingga keterbatasan itu bisa diatasi.

Teknologi yang bermula dari Jerman ini baru-baru ini dipatenkan oleh Hitachi untuk mengembangkan teknologi IPS ini.

Dengan mengadaptasi layar IPS ini, menurut Fernando Uffi, Smartphone Division Head Smartfren pada saat peluncurannya, adalah layar yang ada di Andromax U kualitasnya berbeda tipis dari handphone keluaran iPhone terbaru, iPhone 5. Dia menyatakan bahwa layar Andromax U sudah cukup bagus dan responsif, sama dengan iPhone 4, bedanya hanya terletak di kerapatan layarnya saja.

Di bagian depan terletak layar lebar berukuran 4,5 inch dimana pada bagian atasnya terdapat kamera VGA yang berukuran 2 MP. Sangat cukup untuk self-portrait atau melakukan video call atau video chat. Di bagian bawahnya terlihat indikator lampu memanjang yang membuat handphone ini terlihat elegan, dan saat baterai menipis akan berwarna merah.

Tombol volume terletak di sebelah kiri sedangkan tombol kunci sekaligus on/ off terletak di sebelah kanan. Di bagian atas ada tombol USB charger dan jack earphone. Di bagian belakang, kamera 8 MP dibenamkan di smartphone ini. Salah satu kesulitan dari smartphone ini adalah untuk membuka cover belakang, karena membutuhkan ekstra kehati-hatian dengan cover yang begitu kuat melekat menutup baterai. Butuh kuku panjang dan kuat untuk membuka panel belakang untuk memasukkan SIM card dan SD card.

Fitur

Smartphone yang sudah mengusung android ICS (Ice Cream Sandwich) ini dapat diupgrade dengan OS Jelly Bean. Fitur yang diusung antara lain kamera 8MP dengan autofokus dan flash yang bisa disetting secara otomatis atau manual. Kamera depan (sekunder) cukup 2 MP yang dapat melakukan video chat dengan hasil lumayan.

Menu kamera cukup beragam seperti pengaturan ketajaman, auto focus, ISO, kontras, saturation, dan lain-lain. Untuk fitur panorama juga ada, hasilnya lumayan karena dari sisi harga yang di bawah 2 jutaan, penggunaan panorama bisa dibilang lumayan mudah tapi butuh trik khusus karena kamera berjalan seperti sedang mengambil rekaman video. Perlahan layar digerakkan melewati gambar yang ingin kita ambil dan hasilnya akan terlihat memanjang seperti foto panorama yang baik. Untuk video, kamera 8MP mampu merekam hingga resolusi 720p. Durasi pengambilan video maksimal sebesar 30 menit.

Menyoroti fitur fotonya, begitu mengagumkan, kualitas yang dihasilkan begitu terang dan tajam, bahkan saat memotret di cahaya yang ekstrim kita bisa memilih titik cahaya bagian yang gelap dan yang terang, hingga terlihat tajam, namun perlu hati hati bila di tempat yang sedikit cahaya butuh ekstra hati hati saat memotret agar gambarnya tak goyang atau buram.

Kinerja

Untuk kinerja smartphone ini, sangat unggul dari koneksi Wi-Fi dan network data. Browsing tidak mengalami gangguan, bermain game tidak hang, tidak crash dan mendengarkan musik sambil browsing pun tidak masalah. Hal ini karena didukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon MSM8625 1,2GHz dual-core yang dikombinasikan dengan RAM 768MB. Untuk game berat seperti SIMS dan Temple Run 2, tidak ada masalah yang berarti. Untuk koneksi internet dan sharing, Wi-Fi hotspot dapat digunakan untuk maksimal 5 koneksi di perangkat yang berbeda. Memory internal Andromax U ini adalah 4 GB tapi dapat ditambah dengan memori eksternal hingga 32 GB dan aplikasi juga dapat diinstal di memory card.

Secara keseluruhan, performa smartphone ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Tidak dapat dipungkiri jika akhir-akhir ini produk smartfren mendapat tempat tersendiri di hati penggemar smartphone android. Selain harga jualnya bersaing dan terjangkau, fitur yang dihadirkan juga sangat memuaskan.

Jarang smartphone dengan harga di bawah dua jutaan hadir dengan dual kamera, misalnya. Pengguna Andromax U yang ingin mengupgrade OS ke Jellybean juga tidak usah kuatir karena Smartfren menjanjikan jika produk ini dapat diupgrade ke Android terbaru atau Jellybean. Dikabarkan handphone ini laku keras hingga harga yang dipatok oleh Smartfren terlampaui dari Rp. 1.599.000, dipasaran bisa menembus angka tertinggi Rp 1.900.000.

Spesifikasi

Jaringan : CDMA 2000 1xEV -DO Rev.A/GSM
Dimensi : 127 x 67 x 9,8 mm
Berat : 121 gram
Layar : 4.5-inci qHD 540x960 piksel
OS : Android 4.0.1 ICS
Kamera : 8 Mp, front VGA camera
Memori : 4GB internal, slot MicroSD.
Fitur : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Android OS , v4.0 ICS, MTK 6575 1 GHz, 1GHz ARMv7 CPU, Dual On GSM, GPS, Bluetooth, WiFi Tethering dan proximity sensor
Baterai : S tandard battery, Li-Ion 1800 mAh

1 komentar:

Posting Komentar