LG Nexus 4 - Hardware Mumpuni diBalut Cover Blink-blink

Nexus 4
Sebuah kejutan datang dari Google yang sebelumnya bekerjasama dengan HTC untuk membuat henpon Nexus One, lalu Samsung untuk menelurkan Nexus S (generasi kedua) dan Galaxy Nexus, kali ini Google memilih LG sebagai partner untuk meracik Nexus 4. Meski nggak ada yang meragukan kualitas produk LG, namun banyak yang mencibir Google karena nggak pernah awet menjalin rekanan dalam membuat produknya.
Namun banyak juga yang setuju dengan langkah Google ini, karena dengan menjalin kerjasama dengan banyak pabrikan, alih teknologi akan berlangsung. Jadi makin banyak pabrikan yang bisa bikin henpon Android yang memiliki standar kualitas Google. Well, seperti apa kemampuan LG Nexus 4 ini? Silahkan simak review-nya.

Desain

Nexus 4 memiliki desain tubuh yang menawan, ramping, simpel dan elegan. Yang menarik, pada cover bagian belakangnya terdapat textur kotak-kotak yang dapat memantulkan cahaya sehingga tampak berkilauan. Secara keseluruhan konsep desain Nexus 4 tak berbeda dengan para Nexus terdahulu, selain itu
ada rasa desain Optimus-nya juga dengan sudut-sudut membulat di Nexus 4. Untuk melindungi kecantikannya, permukaan layar Nexus 4 dilapisi kaca Corning Gorilla Glass 2.
Tak banyak tombol yang diusung Nexus, konsep simpel yang diterapkan mengalihkan sebagian besar akses navigasi ke layar sentuhnya. Tampak hanya ada beberapa tombol, seperti di samping kiri ada tombol pengatur volume suara dan juga slot microSIM. Sementara di bagian kanan terdapat tombol lock dan tombol power di sisi atas.

Fitur

Nexus 4 menggunakan layar berteknologi True HD IPS Plus yang mampu menampilkan 16 juta warna dengan resolusi1280 pixel x 768 pixel. Layar berukuran 4,7 inci ini mengandung warna yang lebih sesuai dengan warna natural berkat kepadatan pixel-nya yang mencapai 320 ppi. Selain itu, layar ini memiliki format tampilan 5:3 yang membuatnya tampak lega saat dipandang. Layar Nexus 4 didukung pula oleh teknologi capacitive multitouchscreen yang pastinya nyaman digunakan dengan sentuhan jari.
Untuk sistem operasinya, Nexus 4 sudah dilengkapi dengan OS Android 4.2 Jelly Bean terbaru. Dukungan prosesor cepat juga dihadirkan untuk membuat kinerja Nexus 4 cepat. Henpon ini memiliki prosesor quad-core dengan clock rate 1,5 Ghz dan RAM 2GB. Tak hanya itu, dukungan koneksi internetnya juga lengkap dengan sajian HSPA dan WiFi.
OS Android Jelly Bean 4.2 menjadi salah satu kelebihan Nexus 4 ini. Meski dari sisi tampilan tak berbeda jauh dari Android 4.1 Jelly Bean, namun di Android 4.2 terdapat beberapa fitur baru yang menarik, beberapa diantaranya adalah Photosphere dan HDR di fitur kamera. Photosphere merupakan pengembangan dari fitur panorama yang digabungkan menjadi seperti bola.
Bicara soal kameranya, Nexus 4 memiliki kamera utama beresolusi 8 megapixel yang mampu merekam video full HD 1080p. Di bagian depan juga terdapat kamera beresolusi 1,3 megapixel untuk keperluan self-portrait maupun video chat. Untuk ruang simpannya, Nexus 4 memiliki memori internal sebesar 8GB dan 16GB, tanpa slot kartu memori.

Kinerja

Dengan perpaduan spesifikasi hardware kelas atas dari LG dan software terbaru dari Google, Nexus 4 bisa dibilang merupakan salah satu smartphone Android terbaik pada awal tahun 2013 ini. Prosesor quad-corenya mampu menghadirkan kecepatan proses aplikasi, perpindahan antar aplikasi, multitasking, game, semua berjalan dengan sangat lancar tanpa ada gangguan atau nge-lag.
Ketajaman layarnya juga layak diacungi jempol. Layar Nexus 4 sangat jernih dan tampilan warnanya lembut di mata, sehingga nyaman jika dipandang lama. Peerpaduan layar tajam dan kamera 8 megapixel-nya menjadikan aktivitas memotret dan merekam video lebih menyenangkan. Hasil jepretannya cukup memuaskan dan kamera 8 megapixel ini memiliki dukungan yang lengkap, seperti lampu kilat LED, face detection, dan autofocus, sehingga memotret jadi lebih mudah.

Spesifikasi

Jaringan : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 MHz
Dimensi : 68,7 x 133,9 x 9,1 mm
Berat : 139 gram
Layar : 4,7 inci, True HD IPS Plus, 16 juta warna, 1280 x 768 pixel, 320 ppi, Corning Gorilla Glass 2, capacitive touchscreen
Kamera : 8 MP, autofocus, LED flash, touch focus, geo-tagging, photosphere, HDR, full HD 1080p, kamera depan 1,3 megapixel, HD 720p video recording, HDR
Memory : 8/16 GB
RAM : 2 GB
OS : Android Jelly Bean 4.2 (bisa diupgrade ke 4.2.1)
CPU : Qualcomm Snapdragon S4 Pro
Prosesor : 1.5 GHz QuadCore Krait
GPU : Adreno 320
Fitur : WiFi, HSPA, EDGE, GPRS, DLNA, NFC, Bluetooth, microUSB, GPS, Java, Video player, Music player, Audio jack 3,5mm
Baterai : Lithium Polymer 2100 mAh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar