Samsung Galaxy Camera GC100 - Kamera Hebat di dalam OS Android

Samsung Galaxy Camera GC100
Siapa bilang OS Android hanya untuk perangkat handphone dan tablet, buktinya Samsung mampu membenamkan sistem operasi ini ke perangkat kamera saku terbarunya. Ya, kamera saku, tapi bukan berarti kamera ini bisa nelpon dan SMS ya. Adalah Samsung Galaxy Camera GC100, sebuah kamera saku digital yang dilengkapi sistem operasi Android untuk menunjang kemampuan fotografinya.
Bukan tidak mungkin, kedepannya akan lebih banyak lagi perangkat kamera yang dilengkapi dengan OS smartphone, bahkan bukan cuma kamera, bisa jadi kulkas, mesin cuci, dan TV. Buat kamu yang tertarik dengan kamera berkemampuan lengkap, ada baiknya kamu menilik produk yang satu ini.

Desain

Dari segi tampilan, Galaxy Camera terlihat cantik dengan desain bergaya minimalis. Yang menarik, saat dilihat dari depan, perangkat ini tampak seperti layaknya kamera digital namun begitu dibalik akan tampak seperti perangkat smartphone. Di bagian belakang terdapat layar 4,8 inci yang akan menjadi akses navigasi utama Galaxy Camera. Sementara di bagian atas kamera ini terkonsentrasi tombol pelepas rana yang menyatu dengan tuas untuk zoom in dan zoom out, mikrofon, power on/off, dan lampu kilat pop-up jenis Xenon. Sedangkan di sisi sebelah kiri berkumpul tombol untuk mengaktifkan pop-up flash dan loudspeaker.
Sedangkan di sisi sebelah kanannya bercokol port jack audio berukuran 3,5mm, port microUSB untuk mengisi ulang batere dan transfer data, serta lubang untuk hand-strap. Dan jika melongok ke bagian bawah kamera, Anda akan menjumpai sebuah tripod mount, port HDMI, dan sebuah wadah untuk meletakkan baterai, microSD, serta kartu SIM dalam satu area.

Fitur

Untuk menjalankan fungsinya sebagai sebuah kamera, Galaxy Camera dibekali sensor jenis BSI CMOS beresolusi 16,3 megapiksel. Galaxy Camera juga memiliki lensa berukuran 4,1–86,1 mm dengan bukaan diafragma sebesar f/2,8–5,9. Lensa ini memiliki kemampuan 21x optical zoom.
Berkat Lensa Zoomnya, pengguna bisa menangkap objek foto yang berada di kejauhan tanpa harus mendekatinya. Untuk menciptakan efek gerak yang memukau, Galaxy Camera memiliki rentang ISO mulai dari 16–1/2000 detik. Nah, untuk mengatasi berbagai kondisi pencahayaan, tersedia ISO mulai dari 100–3200. Efek blur akibat guncangan juga dapat dihilangkan berkat hadirnya fitur Optical Image Stabilization.
Sekarang kita intip kemampuan Android-nya. Hebatnya, Galaxy Camera sudah mengusung OS Android terbaru, yaitu versi 4.1.2 Jelly Bean. Semua fungsi OS Android hadir disini, baik Gmail, Google Talk, Google Maps, hingga Google Play Store. Pengguna dapat mengunduh beragam aplikasi untuk menambah fungsi Galaxy Camera. Ini dimungkinkan karena Galaxy Camera mendukung teknologi koneksi data 3G HSPA+ (menggunakan SIM card) dan WiFi. Tapi nggak bisa buat nelpon sama SMS ya, kalau mau handphone harap pake handphone lain aja.
Untuk menopang kinerjanya, Galaxy Camera dibekali prosesor quadcore Cortex-A9 berkecepatan 1,4GH z yang dikawinkan dengan RAM sebesar 1GB. Sedangkan memori internal yang disediakan Galaxy Camera mencapai 8GB, dan masih bisa diperbesar lagi hingga 64GB dengan bantuan microSD. Masih kurang? Tenang, ada layanan Dropbox sebesar 50GB selama dua tahun secara gratis.
Kamera ini memiliki layar HD Super Clear LCD TFT kapasitif yang mampu menampilkan 16 juta warna dengan resolusi HD 1280 x 720 pixel. Permukaan layar ini dilapisi kaca tangguh Gorilla Glass 2 yang tahan terhadap goresan dan cap sidik jari. Tampilan antarmukanya pun sangat user-friendly berkat penggunaan TouchWiz UI , persis seperti yang ada di handphone Android Samsung. Untuk bernavigasi, tersedia tombol
touchpad yang masing-masing diberi tugas untuk back, home, dan menu.

Kinerja

Menggunakan Galaxy Camera benar-benar menyenangkan, baik saat digunakan sebagai kamera maupun sebagai perangkat pintar. Untuk fungsi kameranya, sangat memuaskan, kualitasnya tak kalah dari kamera saku kebanyakan. Hadir dengan kemampuan 21x optical zoom dan sensor beresolusi 16,3 megapixel, Galaxy Camera mampu memotret berbagai momen dalam kondisi terbaik. Selain memotret, kamera ini juga bisa merekam video full HD 1080p.
Sedangkan fungsi perangkat pintarnya sangat terasa saat kita mengotak-atik OS Android, kita akan lupa kalau perangkat ini sebenarnya adalah kamera. Ditambah dengan dukungan koneksi internet yang lengkap, kita dapat memodifikasi Galaxy Camera dengan beragam aplikasi menarik. Paling seru adalah kita dapat menambahkan aplikasi picture editor yang banyak tersedia di Play Store, seperti Instagram, Pixlr, Aviary, dan AfterFocus. Alhasil hasil jepretan semakin cantik berkat polesan aplikasi-aplikasi itu.

Spesifikasi

Dimensi : 128,7 x 70,8 x 19,1 mm
Berat : 305 gram
Layar : 4,8 inci, Super Clear LCD kapasitif touchscreen, res. 720 x 1280 piksel, 16 juta warna, 306ppi pixel density, Corning Gorilla Glass 2
OS : Android 4.1.1 ice cream sandwich, upgradable ke 4.1.2 Jelly Bean
CPU : E xynos 4412 Quad
Prosesor : Quad-core Cortex-A9 1,4GH z
GPU    : M ali-400MP
Sensor : 16,3 megapiksel, 1/2.3” (6,17 x 4,55 mm), BSI -CMOS
Lensa : 4,1–86,1mm (35mm film equivalent 23 - 483mm), f/2,8– 5,9, optical zoom 21x
Fitur : RAM 1GB , AF, pop-up Xenon flash, AF light, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, optical IS, video 1080p@30fps, Speed HSDPA, WiFi, LTE, shutter speed 1/8 - 1/2000s, Bluetooth 4.0, microUSB 2.0, HDMI, ISO 100– 3200, 3,5mm jack, Dropbox 50GB
Memori : I nternal 8GB, Slot kartu MicroSD
Baterai : L i-Ion 1650mAh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar