Sony Xperia V - Mengusung Teknologi Layar resolusi HD

Sony baru saja merilis Xperia V, handphone pintar berbasis Android dengan teknologi layar beresolusi HD 720p. Langkah Sony menerapkan layar resolusi HD ini semakin menguatkan tren teknologi layar yang saat
ini tengah berlomba menampilkan kualitas gambar terbaik. Setelah sempat beradu otot dengan penerapan prosesor multicore, kini para pabrikan smartphone juga saling bersaing di pengembangan teknologi layar resolusi HD (high definition). Sebaik tampilan layar HD di Xperia V? Simak deh review-nya.

Desain

Xperia V tampil sangat menggoda dari sisi desainnya. Selain ramping, ponsel pintar ini terbilang ringan saat dibawabawa. Penampilannya pun tampak menarik dengan garis-garis dinamis, gaya khas seri Xperia. Selain cantik, tubuh Xperia V juga tangguh terhadap serbuan debu dan air. Tubuh ponsel ini sudah mendapat sertifikat IP57 dan mampu bertahan di kedalaman 1 meter selama 30 menit. Layarnya pun dilindungi kaca anti gores, jadi Anda tak perlu risau tergores atau lecet.
Tak banyak tombol maupun ornamen yang melekat di tubuh Xperia V, ini membuatnya tampak rapi. Semua akses navigasi akan berpusat di layar sentuhnya yang tampak memenuhi bagian depan Xperia V. Untuk tombol fisik, tercatat hanya ada tombol volume dan power. Sedangkan port USB dan jack audio terbungkus rapi dengan cover-nya. Di bagian belakang terdapat trio kamera, lampu kilat LED, dan lubang volume.

Fitur

Xperia V menggunakan layar sentuh berukuran 4,3 inci dengan teknologi TFT capacitive yang mampu menampilkan 16 juta warna dalam resolusi HD 1280 x 720 pixel. Guna mendongkrak kualitas tampilannya, Xperia V dibekali teknologi Mobile Bravia Engine 2. Dibenamkan juga GPU Adreno 225 untuk membantu handphone ini dalam menampilkan efek-efek grafis.
Selain layar, Xperia V juga punya suguhan fitur multimedia yang menarik. Simak kameranya yang memiliki resolusi maksimal 13 megapixel dan mampu merekam video berkualitas full HD 1080p. Di bagian depan juga terdapat kamera depan VGA untuk video call dan self portrait. Untuk memainkan musik, handphone ini punya music player legendaris racikan Sony, yaitu Walkman player.
Untuk sistem operasinya, Xperia V masih menggunakan Android 4.0.4 Ice Cream Sandwich. Kedepannya, Sony menjanjikan Android 4.1 Jelly Bean akan hadir di Xperia V. Untuk mendukung kinerjanya, Xperia V akan mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon dengan prosesor dual-core 1,5 Ghz plus RAM 1GB. Fitur koneksi internet Xperia V sangat lengkap, malahan handphone ini sudah mengusung teknologi LTE yang memiliki kecepatan downlink 100Mbps.
Untuk kapasitas penyimpanan, Xperia V memiliki ruang memori internal sebesar 8GB dan slot memori eksternal yang mendukung kartu MicroSD hingga 32GB. Untuk berbagi konten dengan perangkat lain, Xperia V memiliki fasilitas Bluetooth, NFC, MicroUSB, dan TV -Out. Sedangkan baterenya, Xperia V dibekali baterai Lithium Ion berkapasitas 1750 mAh.

Kinerja

Kualitas tampilan layar Xperia V tak perlu diragukan. Selain resolusi yang tinggi, tampilan layar handphone ini juga didongkrak oleh teknologi Mobile Bravia Engine 2 yang mampu menajam warna dan kontras. Keindahan layar ini sangat terasa saat kita memainkan fitur multimedia, seperti video, melihat foto, dan main game. Sayangnya, kemampuan layar Xperia V juga menuntut energi baterai yang lumayan gede. Dengan dukungan baterai berkapasitas 1750 mAh, kita mesti pintar-pintar mengatur kecerahan (brihgtness) kalau nggak ingin kehabisan baterai.
Fitur kamera handphone ini juga layak diacungi jempol. Kemampuan kamera bersolusi 13 megapixel milik Xperia V sangat memuaskan, baik dari sisi kualitas maupun fitur-fitur pendukungnya. Kita juga bisa membuat foto panorama dengan efek 3D plus merekam video dengan kualitas full HD.

Spesifikasi

Jaringan : GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
MHz
Dimensi : 129 x 65 x 10,7 mm
Berat : 120 gram
Layar : TFT capacitive touchscreen 16
juta warna, 1280 x 720 pixel, 4,3
inci
Kamera : 13 megapixel, autofocus, LED
flash, Geo-tagging, touch
focus, face and smile detection,
3D sweep panorama, image
stabilization, full HD 1080p video
recording, kamera depan VGA
OS : Android 4.0.4 Ice Cream
Sandwich
Chipset : Qualcomm MSM8960
Snapdragon
Prosesor : D ual-core 1.5 Ghz
GPU : Adreno 225
Fitur : GPRS, EDGE, HSPA+, LTE,
WLAN 802.11 a/b/g/n, DLNA,
NFC, Bluetooth, USB, GPS,
Music player, Video player, SNS
integration
Memori : I nternal 8GB, slot kartu MicroSD
Baterai : Lithium Ion 1750 mAh
Standby : Up to 300 jam (2G) / Up to 400
jam (3G)
Talktime : Up to 7 jam (2G) / Up to 7 jam
(3G)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar