Tips Bersosialisasi di Social Media

Siapa sih yang gak punya Facebook dan Twitter saat ini, pastinya banyak orang sudah biasa dan terbiasa dengan Pasang status, ngetwit. Sepertinya sudah menjadi hal yang lumrah kalau pengguna social media membuat status dan ngetwit. Boleh jadi haram hukumnya jika kita punya akun social media tapi gak pernah pasang status.
 
Nah disinilah kita perlu memperhatikan bagaimana tata cara dan tata karma dalam bersocial media. Pastinya harus di kontrol dan jangan asal nyeplos. Bagaimana pun nantinya status yang dibuat merupakan gambaran kepribadian si punya akun social media. Bukankah kita membuat sosial media itu seperti Facebook dan Twitter untuk berteman dan mencari teman. Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan bagaimana cara kita bersosialisasi yang baik di dunia maya, khususnya pada situs jejaring sosial.

1. Buatlah status yang sekiranya pantas untuk di baca orang. Seperti member info yang bermanfaat, menyapa para teman dan sahabat, mengingatkan sesuatu hal yang positif seperti mengingatkan makan siang, mengingatkan sholat. Jangan sampai pasang status bermacam galau, cacian, makian bahkan kata kata kasar hingga membuat orang yang membacanya jadi jengah dan berucap dalam hati Astagfirullah !

2. Buat lah (followers) nyaman dan menyenangkan di rumah (Twitter) kita. Tentu banyak kreatifitas yang bisa kita kreasikan, tergantung karakter masing - masing, Bisa jadi isinya gak formal dan gak serius banget tapi bila memberikan manfaat tentu tak memberikan kesempatan followers kita mengunfollow. Khusus untuk di facebook, jangan pernah melakukan posting iklan langsung atau membuat status dan tulisan yang nadanya menggurui, tentu hal ini juga akan memberikan rasa tak nyaman dan dianggap nyampah di wall.

3. Usahakan bersikap ramah dan sabar ketika ada yang memberikan masukan atau bahkan kritikan. Khususnya bagi para admin socmed yang pegang instansi, perusahaan, dan brand tertentu, karena bagaimanapun yang melakukan like dan followers di sosial media kita merupakan orang yang perlu diperhatikan. So sekasar apapun perkataan mereka, kita harus tetep respek, karena mereka merupakan aset kita. Bila mereka di buat gak nyaman maka akan muncul sikap tak respek kepada kita. Gak kepengen kan
mereka rame rame Unfollow massal gara gara sebel dan BT sama kita.
 
4. Buat status berisi informasi, inspirasi, dan juga motivasi. Biasanya hal inilah yang paling sering di cari banyak orang. Bentuknya bisa kutipan, joke, atau bahkan cerita. Ketika ada orang yang lagi butuh motivasi, pasti mereka akan mencari akun socmed yang berisi tentang motivasi - motivasi, siapa tahu orang tersebut follow kita, karena kita sering buat status berisi tentang motivasi, begitu juga dengan informasi dan juga inspirasi.

5. Konsistensi. Sebaiknya dalam bersosialisasi melalui facebook dan twitter musti konsistensi. Makanya gak perlu deh pake jaim jaiman, lakukan saja sewajarnya dan apa adanya. Pastinya orang gak akan respek bila suatu saat kita bikin status atau ngetwit kata kata bijak, eh diwaktu lain karena lagi sebel atau lagi gak mood, ditulis tuh status yang tak mencerminkan status atau twit yang sebelumnya.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa memberikan gambaran buat kita semua dalam bersosial di ranah facebook dan twitter. Hingga membuat nyaman dan memberi manfaat atas pertemanan hingga ujung ujungnya mempererat persahabatan dan saling memberi manfaat dalam banyak hal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar